Langsung ke konten utama

cara menjadi pelaut pemula jalur umum dan syarat-syaratnya

    
cara menjadi pelaut pemula jalur umum dan syarat-syaratnya

Pelaut adalah orang yang bekerja di atas kapal dimana kegiatan-kegiatannya akan selalu berada di sekitar laut ataupun sungai. Di era sekarang ini, ada banyak orang yang beralih profesi yang dulunya kerja di darat kemudian beralih ke laut karena cuan yang begitu menjanjikan. Memang tidak semua mendapat cuan yang begitu banyak, ada juga yang mendapatkan penghasilan yang minim. tapi kalau dibandingkan dengan darat, dengan pendidikan yang rendah, akan sulit mendapatkan posisi yang bagus dan otomatis berdampak pada penghasilan tentunya.

    Untuk jadi pelaut, pendidikan yang rendahpun bisa mendapatkan hasil yang bagus. Tetapi harus mengikuti diklat terlebih dahulu sebagaimana syarat-syarat untuk menjadi pelaut. Dan dari situlah kita akan mendapatkan berbagai macam sertifikat sebagai kelengkapan untuk menjadi seorang Pelaut.

Adapun syarat-syarat untuk menjadi pelaut pemula adalah dengan melengkapi dokumen sebagai berikut:

1. Sertifikat BST ( Basic Safety Training )
2. Sertifikat AFF ( Advanced Fire Finghting )
3. SAT ( Security Awareness Training )
4. SDSD ( Seafarers With Designated Security Duties )
5. Ratings Forming ( Deck / Engine )
6. Buku Pelaut

    Sebenarnya, masih ada banyak lagi jenis sertifikat yang harus dikumpulkan tergantung jenis kapal yang akan kita tempati nanntinya. Namun ada juga yang hanya membutuhkan 2 syarat saja seperti BST dan Buku pelaut saja. Di atas kapal akan ditempatkan pada posisi "Kalasi", tugas hampir sama dengan ABK lainnya tapi gaji yang masih minim. Tapi jika kalian melengkapi 6 persyaratan tadi, kita akan mendapatkan posisi "AB deck" atau "Oiler" tergantung jenis ratingnya. Dan tentunya penghasilan akan lebih tinggi dibandingkan menjadi Kalasi. Perbandingannya bahkan hampir 2x lipat.

Untuk mendapatkan sertifikat di atas adalah dengan mengikuti Diklat di Sekolah Pelayaran yang bisa menerima jalur umum. Adapun rekomendasi untuk daerah sulawesi selatan adalah PIP makassar dan Politeknik Pelayaran Barombong.

Berkas yang harus dilengkapi sebelum mendaftar adalah
1. KTP Asli
2. Foto copy Akte kelahiran
3. Foto copy ijzah SMP atau SMA
4. Foto copy KK
5. Pass Foto 3x4 Kemeja putih dan berdasi hitam. Latar biru untuk Deck dan Latar Merah untuk Engine

#pelaut #pelautpemula #caramenjadipelaut #syaratpelaut
Blog Berbagi pengalaman apa saja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal dan jawaban evaluasi SAT Security Awareness Training pilihan ganda

Soal evaluasi SAT ( Security Awareness Training ) pilihan ganda 1. Daftar pelabuhan yang disetujui Port Security Plants setempat, maka daftar harus diperbaharul, kecuall: a) Diperbarui Jika lokasi pelabuhan berubah b) Diperbarui jika pelabuhan akan dihapus. c) Diperbarui jika pelabuhan akan dikurangi d). Diperbarui jika pelabuhan ditambahkan 2. ISPS Code: I. Untuk mendeteksi security threa dan menerapkan security measure II. Untuk menetapkan peran dan tanggungjawab mengenal keamanan maritime bagi pemerintah, pemerintah daerah, kapal dan industry pelabuhan di tingkat nasional dan Internasional lIl. Untuk menyusun dan menyebarluaskan informasi yang berkaltan dengan keamanan IV. Untuk menyediakan metodologi untuk penilaian keamanan sehingga memiliki dalam rencana dan prosedur untuk bereaksi terhadap security level yang berubah. Tujuan utama dari SPS Code ialah : a) I & IV  b) II & III c) I & lIl d) semua benar 3. Orang yang ditunjuk oleh pemilik kapal atau oporato

Soal dan jawaban Evaluasi SAT Security Awareness Training Essay

 Soal evaluasi SAT ( Security Awareness Training ) Essay Soal dan jawaban Evaluasi SAT Security Awareness Training Model Essay 1. Apa yang dimaksud dengan Security Awareness Training ? 2. Jelaskan sejarah singkat dengan adanya Security Awareness Training ? 3. Sebutkan dan jelaskan peraturan-peraturan yang mendukung kebijakan keamanan maritime ( maritime Security Police ) ! 4.Sebutkan minimal 2 orang yang bertugas dalam Security Responsibilities, beserta sebutkan tugas masing-masing petugas ! 5. Jelaskan Security Measure dalam berbagai level pada Ship Security Action ! Jawaban 1. Security Awareness Training adalah pelatihan yang bertujuan untuk membina kesadaran orang-orang yang bekerja dibidang maritim atas pengamanan kapal dan muatannya. 2. Menyusul kejadian tragis 11 september 2001, Majelis organisasi maritim internasional pada bulan november 2001, sepakat pengembangan langkah-langkah baru yang berkaitan dengan keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan untuk diadopsi oleh konvensi inte